PENGEMBANGAN STRATEGI TATA LETAK BARANG PADA TOKO “INA 2” MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Abstract

Toko “Ina 2” merupakan toko yang bergerak di bidang ritel atau eceran. Banyaknya barang pada Toko “Ina 2” harus ditata rapi dengan melakukan analisis proses belanja konsumen berdasarkan transaksi penjualan. Transaksi yang ada pada Toko “Ina 2” masih tersimpan secara manual sehingga dibutuhkan suatu sistem untuk memudahkan pencatatan transaksi pada Toko “Ina 2” sekaligus mengolah data transaksi tersebut untuk mengatur tata letak barang menggunakan algoritma apriori. Sistem akan dibuat menggunakan data mining asosiasi dengan metode algoritma apriori. Berdasarkan hasil penelitian, telah dilakukan perhitungan apriori pada sistem berdasarkan data transaksi terdahulu selama 15 bulan. Perhitungan apriori yang dilakukan menggunakan support 30% dan confidence 60% yang menghasilkan 5 aturan asosiasi dan terdapat 4 item yang digunakan untuk mengatur tata letak barang pada Toko “Ina 2” yang mempunyai luas 52,8m2. Sistem ini telah diuji dengan metode pengujian UAT dan mendapatkan rata-rata presentase yaitu 87.45% yang berada dalam kategori sangat layak.