Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasikan perencanaan dan pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah serta hambatan dan pendukung dalam implementasi program tersebut. Gerakan Literasi Sekolah merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri Salakbrojo dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara kepada kepala sekolah dan guru kelas. Dalam pengimplementasian Gerakan Literasi Sekolah kepala sekolah memiliki andil yang sangat besar mengingat kebijakan pemerintah memperbolehkan setiap lembaga sekolah mengembangkan program-program yang telah disepakati oleh pemerintah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program gerakan literasi di SD Negeri Salakbrojo dapat meningkatkan minat baca siswa. Produk program Gerakan Literasi di SD Negeri Salakbrojo adalah kegiatan membaca buku 15 menit, membaca 3 surah dalam juz 30 selama 15 menit setiap pagi, dan kunjungan perpustakaan setiap jam istirahat.