Dampak Belajar Online Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid 19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak belajar online terhadap pendidikan karakter pada anak usia dini dalam masa pandemi Covid 19. Pendidikan karakter merupkan usaha untuk membantu individu agar dapat memahami, memperhatikan dan melakukan nilai nilai etika, kebijaksanaan, keadilan, keberanian, pengendalian diri, cinta, sikap positif, bekerja keras, integritas, syukur dan rendah hati. Penanaman nilai-nilai karakter pada anak usia dini merupakan hal paling utama dalam membentuk kepribadian anak sejak dini, hal ini berkaitan dengan pedoman pembentukan kebiasaan positif yang berperan sebagai dasar pengetahuan untuk memperoleh pendidikan selanjutnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode observasi dan wawancara terhadap 10 orang ibu-ibu orang tua anak PAUD dilingkungan Perumahan Cendana Batam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar secara online mempunyai dampak positif dan negatif baik terhadap anak didik maupun pada orang tua anak. Dalam masa pandemi Covid 19 pendidikan dan pembelajaran dilakukan di rumah dengan pengawasan orang tua. Pembelajaran online yang dilakukan guru kurang efektif dalam pembentukan pendidikan karakter pada anak usia dini. Sebab anak usia dini pada dasarnya masih memerlukan kegiatan bermain di setiap kegiatannya