Penerapan Metode Qiroatuna dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur’an di Madin Pondok Pesantren Sal-Syaf al-As’adiyah

Abstract

Sekarang ini banyak lembaga pendidikan baik formal/non formal berusaha mengadakan pelayanan membaca Al-Qur‟an. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kenyataan di madrasah diniyah al-As’adiyah menerapkan Metode Qiroatuna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Metode Qiroatuna dalam meningkatkan kemampuaan  membaca Al-Qur’an, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.Setelah mempelajari dan menganalisa Metode Qiroatuna Di Madrasah Diniyah As’adiyah balikeran Kertosari Asembagus Situbondo, maka penulis dapat  mengambil  suatu  kesimpulan  tentang  Metode Qiroatuna Di Madrasah Diniyah As’adiyah balikeran.Pereencanaan yang ada di madrasah Diniyah di pondok pesantren al-As’adiyah balikeran guru sebelum mengajar Metode Qiroatuna harus mempersiapkan  alat peraga, media seperti kartu huruf-huruf hijaiyah untuk anak- anak pra TK. Dan untuk santri untuk mempersaipkan pembukaan dan di lanjutkan dengaan pembacaan surat-surat pendek, hafalan do’a-do’a sebelum belajar.Pelaksanaan yang ada di madrasah diniyah guru dalam penerapannya menggunakan metode klasikal dengan media qiroatuna dan siswa/santri membaca sendiri-sendiri dan stor maju ke depan sesuai dengan jilib masing-masing. Evaluasi yang di gunakan di madrasah diniyah semua para guru menggunakan tes.Kegiatan evaluasi ini biasa dilakukan oleh guru mata pelajaran  pada setiap akan memberikan materi baru, dengan tujuan untuk mengidentifikasi tarap kemampuan siswa dalam menyerap materi yang akan disampaikan