Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Ski

Abstract

Pendidikan pada dasarnya adalah usaha untuk menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia peserta didik dengan cara mendorong dan memfasilitasi kegiatan belajar mereka. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar, salah satunya adalah minat belajar siswa terhadap bidang studi yang akan dipelajari. Dari deskripsi diatas nantinya akan diketahui apakah dengan adanya minat belajar siswa secara maksimal akan membuahkan hasil yang baik, ataukah tidak. Kemudian sejauh mana minat belajar siswa terhadap studi yang akan dipelajarinya.Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data tentang hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi SKI di Madrasah Aliyah Miftahul Arifin Ranurejo Sumberanyar Banyuputih Situbondo, yaitu dengan mengambil 50 peserta didik Sebagai metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, dokumentasi dan observasi. Selanjutnya data tersebut di analisa dengan metode statistik, yaitu dengan menggunakan Rumus Korelasi Product Moment, Berdasarkan hasil analisa data dengan rumus tersebut, maka diperoleh hasil bahwa: “hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi SKI di Madrasah Aliyah Miftahul Arifin Ranurejo Sumberanyar Banyuputih Situbondo Tahun Pelajaran 2014/2015 masih tergolong lemah atau rendah”.Setelah diketahui rendahnya hubungan antara minat belajar dengan presatasi belajar siswa, maka penulis sarankan seyokyanya dalam pengajaran SKI semakin ditingkatkkan  lagi agar hasilnya dapat lebih baik, sehingga pelajaran SKI sukses dengan mendapatkan hasil yang maksimal