STUDI KELAYAKAN BISNIS PENDIRIAN TOKO AKSESORIS DAN KADO “AISYAH COLLECTION”

Abstract

Era Industri 4.0 menuntut setiap orang untuk memiliki keahlian, ketrampilan serta  kreatifitas. Hal tersebut dimaksudkan sebagai nilai jual lebih atas dirinya untuk mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan sesuai dengan ilmu dan bidangnya masing- masing. Disamping itu, dunia bisnis sudah menggunakan alat-alat teknologi dan informasi teknologi untuk memudahkan akses dalam operasi usahanya. Kreatifitas menjadi sebuah peluang besar, salah satunya yakni usaha penjualan benda-benda yang dapat dijadikan kado dan aksesoris yang merupakan peluang usaha yang menarik untuk dikembangkan. Hal ini dibuktikan dengan tingginya minat konsumen kabupaten Bandung untuk menjadikan benda-benda sebagai kado, seperti: dompet, tas, gelang dan lain sebagainya. Usaha ini memang cukup banyak ditemukan di kabupaten Bandung, seperti: Putreri Aksesoris, Istana Kado, dan lainnya. Namun, toko-toko penjualan kado masih jarang ditemui di lokasi Komplek Bumi Sari Indah (BSI) 1, Baleendah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan adalah deskriptif. Penelitian ini berisis gambaran mengenai lokasi perusahaan berada serta kelayakan usaha yang ditinjau dari berbagai aspek tertentu. Dari beberapa aspek yang termasuk di dalam penelitian ini, seperti aspek pasar dan pemasaran, teknis dan teknologi, manajemen, SDM, finansial, ekonomi, sosial dan politik, lingkungan hidup serta lingkungan industri, maka pendirian toko aksesoris dan kado ‘Aisyah Collection’ ini dapat dinyatakan layak.