PERBANDINGAN TEORI DISRUPSI PADA MARKETING DI ERA INDUSTRI 4.0 MENURUT HERMAWAN KARTAJAYA DAN RHENALD KASALI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan teori disrupsi pada marketing di era Revolusi Industri 4.0 oleh Hermawan Kartajaya dan Rhenald Kasali. Adapun pembatasan penelitian, terbatas pada literatur-litereatur yang berkaitan dengan disrupsi pada marketing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasilnya adalah teori disrupsi pada marketing dari kedua pakar secara bersama menjelaskan bahwa, terjadinya gangguan dan perkembangan teknologi yang sedang dihadapi sekarang mengharuskan marketer harus melakukan pendekatan pemasaran yang baru sejalan dengan Revolusi Industri 4.0. Adapun perbedaan konsep teori hanya terletak pada istilah dan sebutan konsep saja yang pada Hermawan Kartajaya menyebutnya dengan konsep Marketing 4.0 sedangkan Rhenald Kasali menyebutnya dengan konsep #MO. Pada dasarnya kedua teori sama-sama menjelaskan bagaimana marketer mampu menjual produk ke konsumen yang semakin inklusif, smart, sosial dan horizontal.