Strategi Dakwah Analisis Buku “Robohnya Dakwah Di Tangan Dai” Karya Fathi Yakan

Abstract

Strategi dakwah adalah metode, siasat, taktik atau manuver yang dipergunakan dalam aktivitas (kegiatan) dakwah.. Strategi pada hakekatnya adalah perencanaan (planning) dan management untuk mencapai suatu tujuan. Tetapi untuk mencpai tujuan tersebut, strategi tidak hanya berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukkan arah saja, melainkan harus menunjukkan bagaimana tekhnik (cara) operasionalnya. Penelitian dalam skripsi ini mengacu pada strategi dakwah. Adapun tujuan dilakukan nya penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) strategi dakwah dalam buku Robohnya Dakwah ditangan da’i karya fathi yakan. 2) untuk mengetahui faktor penyebab kehancuran dakwah  dalam buku Robohnya Dakwah ditangan da’i karya fathi yakan. 3) solusi tegaknya dakwah dalam buku Robohnya Dakwah ditangan da’i karya fathi yakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian library research yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka. Membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Adapun analisis dalam penelitian ini menggunakan content Analysis yaitu adalah teknik sistematis untuk menganalisis isi pesan dan pengelolaan pesan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Strategi dakwah dalam buku ini diantaranya politik dan kemiliteran 2) faktor penyebab hancurnya dakwah diantaranta yaitu a) banyaknya aliran dalam islam. b) fanatisme ashabiyah c) fanatisme hizbiyah. 3) solusi tegaknya dakwah diantaranya yaitu a) tegakkan bangunan diatas landasan Taqwa kepada Allah. b) kukuhkan ukhuwah karena Allah c) tegakkan tradisi Syura. d) bangunlah saling wasiat dalam kebenaran. e) menjalin hubungan dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang f) sungguh- sungguh dalam menjaga nilai- nilai syariat dan dakwah.