Kompetensi Pedagogik Guru pada Mata Pelajaran SBdP di SD Kecamatan Kembaran
Abstract
Kompetensi pedagogik merupakan suatu kemampuan pengelolaan terhadap peserta didik yang meliputi perancangan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. kompetensi pedagogik adalah hal yang penting bagi guru dan harus menguasai kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik juga diperlukan dalam pembelajaran SBdP. Tidak semua tenaga pendidik menguasai semua bidang seni, hanya menguasai satu atau beberapa bidang seni saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru, hambatan dan upaya meningkatkan kompetensi pedagogik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi kepada 12 guru yang terdapat di 6 SD yaitu SD UMP, SDN Tambaksari, SDN Kembaran, SDN Linggasari 2, SDN Pliken 1 dan SDN Pliken 2 dengan kriteria PNS dan non PNS yang masing-masing mengajar di kelas tinggi dan kelas rendah. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik penting dimiliki oleh guru. Hambatan kompetensi pedagogik dalam pembelajaran SBdP yaitu keterbatasan kemampuan dalam menguasai ketiga komponen seni, keterbatasan jam pembelajaran SBdP, setelah pandemi tidak adanya interaksi secara langsung antara guru dan peserta didik serta ketidak-efektifan dalam mengetahui potensi dan karakteristik peserta didik. Upaya meningkatkan kompetensi pedagogik dengan meningkatkan pembelajaran tentang strategi dan media yang dipakai, mengetahui potensi yang ada pada peserta didik dalam pembelajaran SBdP, memehami karakteristik peserta didik, dan evaluasi.