Peningkatan Prestasi Belajar TIK Materi Microsoft Office Excel dengan Teknik Pembelajaran Model STAD pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Panggul
Abstract
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui secara obyektif peningkatan prestasi belajar TIK Materi Microsoft Office Excel Melalui Penerapan Teknik Pembelajaran Model STAD Pada Siswa Kelas VIII C Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 2 Panggul Trenggalek. Dengan rancangan pembelajaran ini diharapkan dapat terwujud suasana pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sehingga terjadi pembelajaran bermakna dengan peserta didik aktif, kreatif, efektif dalam suasana yang menyenangkan. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Stephen Kemmis. Pembelajaran Teknik Pembelajaran Model STAD ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang diperoleh Antara lain, pembelajaran dengan materi Microsoft Office Excell pada Siklus I seperti berikut ini. Nilai yang telah tuntas antara lain nilai 100 sebanyak 3 anak (11 %), nilai 90 sebanyak 2 anak (7%), nilai 80 sebanyak 3 anak (11 %), nilai 70 sebanyak 5 anak (19%). Nilai yang belum tuntas antara lain: nilai 60 sebanyak 8 anak (30%), nilai 50 sebanyak 3 anak (11 %) dan nilai 40 sebanyak 3 anak (11 %). Nilai rata-rata siswa pada Siklus I ini sebesar 67,41. Sedangkan pada Siklus 2 hasil yang diperoleh adalah, nilai yang sudah tuntas antara lain, Nilai yang telah tuntas antara lain nilai 100 sebanyak 4 anak (15 %), nilai 90 sebanyak 5 anak (19 %), nilai 80 sebanyak 8 anak (30 %), nilai 70 sebanyak 7 anak (26 %). Nilai yang belum tuntas antara lain: nilai 60 sebanyak 3 anak (11%). Nilai rata-rata siswa sebesar 80,00. Jadi sudah ada 85 % atau lebih siswa yang nilainya di atas KKM (70). Hal tersebut berarti bahwa secara klasikal telah tuntas karena siswa yang mencapai KKM telah melampaui 85%. Hasil penelitian ini, Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Pembelajaran Model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar dalam materi Materi Microsoft Office Excel pada siswa kelas VIII C Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.