Penerapan Model Pembelajaran Modeling The Way Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf pada Siswa Kelas III SDN Sumbermulyo 1

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas adalah Meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis paragraf dengan model pembelajaran modeling the way berbantuan multimedia pada siswa kelas III SDN Sumbermulyo 1 Jogoroto Jombang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran modeling the way berbantuan multimedia berdasarkan tiga siklus.Setiap siklus terdiri atas satu pertemuan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitianadalah siswa kelas III SDN Sumbermulyo 1. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan non tes. Analisis data melalui teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil keterampilan menulis paragraf mengalami peningkatan yang signifikan dapat dilihat pada siklus I pencapaian rata-rata kelas sebesar hasil belajar siklus I mencapai 65,83 dengan ketuntasan klasikal 64,29%. Hasil ini meningkat pada siklus II dengan rata-rata hasil keterampilan menulis menjadi 78,54 dengan ketuntasan klasikal 92,86%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran modeling the way berbantuan multimedia dapat meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis paragraf. Saran dalam penelitian adalah guru dapat menerapkan model pembelajaran modeling the way berbantuan multimedia, diharapkan siswa menambah wawasan dengan berbagai sumber belajar dan pengetahuan tentang berbagai model pembelajaran agar dapat meningkatkan pembelajaran di sekolah.