Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD
Abstract
Guru merupakan bagian terpenting dalam sebuah pelaksanaan kegiatan pembelajaran sehingga dapat menciptakan pendidikan yang berkualitas tentunya dalam hal ini kinerja guru akan sangat mempengaruhi keberhasilan sebuah pelaksanaan pendidikan. Kinerja guru yang rendah akan menurunkan kualitas pendidikan dan sebaliknya kinerja guru yang tinggi akan berpengaruh pada kegiatan belajar yang efektif. Diperlukan sebuah perencanaan yang matang apabila ingin mendapatkan hasil yang baik dalam kegiatan pembelajaran. Untuk mengetahui seberapa besar kinerja guru diperlukan kegiatan supervisi kepala sekolah yang dilakukan secara berkesinambungan. Kepala sekolah merupakan tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin sekolah, termasuk diantaranya melakukan supervisi kepada para guru-gurunya. Supervisi bertujuan untuk membantu guru yang menemukan kesulitan dalam proses kegiatan pembelajaran serta segala sesuatu yang ada didalamnya. Selain itu supervisi juga dapat digunakan sebagai strategi untuk mencari tau tentang kebutuhan sekolah yang harus dimiliki untuk mendukung kelancaran kegiatan pembelajaran. Pada pelaksanaannya supervisi memerlukan perencanaan yang matang, sehingga dapat mengefektifkan hasil kegiatan supervisi kepala sekolah dan meningkatkan kinerja guru sehingga meningkat pula kualitas pendidikan sekolah itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan menganalisis: 1) Bagaimana perencanaan Supervisi oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SDN 8 Purwakarta. 2) Bagaimana pelaksanaan Supervisi akademik di SDN 8 Nagrikaler Purwakarta. 3) Bagaimana Evaluasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan datanya dengan pendekatan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi.