Supervisi Edukatif Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di SDN Jogoroto Jombang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah pelaksanaan supervisi dalam meningkatkan kinerja guru. Pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna dibentuk melalui komitmen guru dalam mengembangkan kinerjanya. Seorang guru harus selalu meningkatkan kemampuan profesionalnya, pengetahuan, sikap dan keterampilannya secara terus-menerus sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk paradigma baru pendidikan. Kenyataan di lapangan guru di SD Negeri Jogoroto Jombang memiliki kinerja dan wawasan yang rendah. Hal ini diakibatkan (1) rendahnya  kesadaran guru untuk  belajar, (2) kurangnya kesempatan guru mengikuti pelatihan, baik secara regional maupun nasional, (3)  kurang  efektifnya PKG, (4) supervisi pendidikan yang bertujuan memperbaiki proses pembelajaran  cenderung menitikberatkan pada  aspek administrasi. Untuk perbaikan kondisi tersebut melalui supervisi edukatif kolaboratif yang dilakukan secara periodik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan dengan jumlah subjek guru kelas yang ada di SDN Jogoroto Jombang sejumlah 8 orang guru. Waktu penelitiannya pada semester 1 tahun pelajaran 2019-2020. Pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan dalam supervisi kolaboratif sesuai dengan yang direncanakan dan hasilnya baik.