Kegiatan Supervisi Kepala Sekolah dengan Teknik Group Discussions Secara Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Soal Tes Hasil Belajar Di SDN Pesantren Kabupaten Jombang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam menyusun soal tes hasil belajar selama pandemi melalui kegiatan Supervisi Kepala Sekolah dengan teknik group discussions secara daring di Sekolah Dasar Negeri Pesantren Jombang pada semester ganjil tahun pelajaran 2020-2021. Hal ini didasarkan dari hasil supervisi yang dilakukan peneliti sebagai kepala sekolah terhadap kemampuan guru-guru di SDN Pesantren Kecamatan Tembelang Kab. Jombang, menunjukkan seringnya guru dalam menyusun soal selama pandemi masih berpedoman pada LKS yang ada. Artinya guru-guru tersebut menyusun soal-soal dengan mengambil keseluruhan, atau sebagian dari soal-soal yang ada pada LKS yang digunakan. Selain itu guru-guru di sekolah ini juga menggunakan tes yang sudah ada pada tahun-tahun sebelumnya kemudian disesuaikan dengan materi ajar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pesantren Jombang pada semester I tahun pelajaran 2020-2021 selama tiga bulan, yaitu bulan Juli, Agustus, September tahun 2020 dengan subjek penelitian 8 orang guru kelas dan guru mata pelajaran. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dan observasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kegiatan Supervisi Kepala Sekolah dengan teknik group discussions secara daring dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal tes hasil belajar selama pandemi di Sekolah Dasar Negeri Pesantren Kec. Tembelang Kab. Jombang pada semester ganjil tahun pelajaran 2020-2021