Dampak Pembelajaran Online Pada Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran online pada motivasi belajar siswa kelas V di SDN Wonoplintahan II Sidoarjo, (2) untuk mendeskripsikan proses pembelajaran siswa kelas V di SDN Wonoplintahan  II Sidoarjo, (3) Untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas V di SDN Wonoplintahan II Sidoarjo, (4) untuk mendeskripsikan kendala saat proses pembelajaran di SDN Wonoplintahan II Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dan data penelitian berasal dari guru kelas V dan siswa kelas V di SDN Wonoplintahan II Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran daring melalui Zoom, Google Classroom dan Whatsaap kurang dapat memotivasi belajar siswa dikarenakan mereka kurang faham dengan materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu juga kurangnya pendampingan pada saat mereka belajar.