Peningkatan Prestasi Belajar TIK Materi Menu dan Icon Microsoft Office Word Melalui Penerapan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas VIII E Di SMP Negeri 2 Panggul Trenggalek

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui secara obyektif peningkatan prestasi belajar TIK Materi Menu dan Icon Microsoft Office Word Melalui Penerapan Metode Tutor Sebaya  Pada Siswa Kelas VIII E Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 2 Panggul Trenggalek. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas akan dipaparkan dalam bentuk siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu (1) perencanaan. (2) pelaksanaan atau tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini menggunakan satu instrumen yaitu tes. Instrumen tes digunakan untuk mengumpulkan data prestasi. Hasil penelitian ini pada siklus I ini belum mencapai ketuntasan klasikal. Siswa yang tuntas belajar sebanyak 13 orang (50%). Ketuntasan belum mencapai minimal 85%. Siswa yang pandai tetapi pemalu belum berani tampil mengomunikasikan pekerjaannya sehingga penelitian dilanjutkan ke Siklus II. Pada siklus II ini baik karena sudah mencapai ketuntasan. Siswa yang tuntas belajar sebanyak 23 orang dengan persentase sebesar (88%). Ketuntasan pembelajaran klasikal telah mencapai minimal 80%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Pembelajaran Kooperatif Model Tutor sebaya dengan materi memahami Menu dan Icon Microsoft Office Word berlangsung secara aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Pembelajaran pada Siklus II sudah berhasil karena ketuntasan minimal dapat tercapai. Keberhasilan Siklus II ditandai dengan ketercapaian ketuntasan sebesar 88%.