Peningkatan Prestasi Belajar Materi Teks Eksposisi Melalui Model Think Pair and Share Peserta Didik Kelas VII D Di SMP Negeri 2 Panggul Trenggalek
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam Materi Teks Eksposisi dengan Think Pair Share pada peserta didik kelas VII D Semester 1 di SMP Negeri 2 Panggul Trenggalek. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas akan dipaparkan dalam bentuk siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu (1) perencanaan. (2) pelaksanaan atau tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini menggunakan satu instrumen yaitu tes. Instrumen tes digunakan untuk mengumpulkan data prestasi. Hasil penelitian ini pada siklus I ini bahwa peserta didik yang tuntas belajar sebanyak 47.82%. Ketuntasan belum mencapai minimal 80%. Peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan hasil baik sebanyak 9 orang (27,27%). Prestasi Belajar peserta didik pada siklus I ini belum mencapai ketuntasan klasikal. Peserta didik yang tuntas belajar sebanyak 47.82 %. Ketuntasan belum mencapai minimal 80%. Peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan hasil baik sebanyak 9 orang (27,27%). Pada siklus II ini baik karena sudah mencapai ketuntasan. Peserta didik yang tuntas belajar sebanyak 20 orang dengan persentase sebesar (87%). Ketuntasan pembelajaran klasikal telah mencapai minimal 80%. Peserta didik yang memilki hasil minimal baik dalam pembelajaran sebanyak 20 orang (87%). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share dengan materi Materi Teks Eksposisi berlangsung secara aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Pembelajaran pada Siklus II sudah berhasil karena ketuntasan minimal dapat tercapai. Keberhasilan Siklus II ditandai dengan ketercapaian ketuntasan sebesar 87%.