Analisis Strategi Persuasif pada Tindak Tutur Ria Ricis dalam Channel Youtube Ricis Official
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi persuasif tindak tutur langsung maupun tindak tutur tidak langsung ria ricis dalam channel youtube ricis official serta mendeskripsikan strategi persuasif ria ricis dalam channel youtube ricis official bila dilihat dari tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak catat. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (a) strategi tindak tutur langsung ria ricis dalam channel youtube ricis official terdiri dari tiga kategori yaitu strategi tindak tutur berupa kalimat berita (deklaratif), kalimat tanya (interogatif), dan kalimat perintah (imperatif). (b) strategi tindak tutur tidak langsung ria ricis dalam channel youtube ricis official terdiri dari dua kategori yaitu strategi tindak tutur tidak langsung berpa kalimat berita dan kalimat tanya. (c) strategi persuasif ria ricis dalam channel youtube ricis official bila dilihat dari tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung memiliki jumlah yang sangat berbeda dimana strategi persuasif yang menggunakan tindak tutur langsung lebih banyak digunakan oleh ria ricis dari pada strategi persuasif yang menggunakan tindak tutur tidak langsung.