Perbandingan Pembelajaran Daring dengan Video dan Zoom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara pembelajaran daring dengan video dan pembelajaran daring dengan zoom sehingga dapat menentukan media pembelajaran yang lebih sesuai serta paling mampu meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran ekonomi, yang bertujuan agar pembelajaran tidak monoton. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti meliputi dokumentasi, tes, dan observasi. Tes menggunakan tes kognitif dan keterampilan. Dari hasil pengolahan data maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan penilaian kognitif dan psikomotorik pembelajaran daring dengan video dan pembelajaran daring dengan zoom pada mata pelajaran ekonomi. Hal itu dilihat dari hasil pengujian statistik parametrik menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) < 0,05. Untuk aspek kognitif 0,002 < 0,05 dan aspek psikomotorik 0,024 < 0,05. Pembelajaran daring dengan video lebih baik daripada pembelajaran daring dengan zoom pada mata pelajaran ekonomi baik aspek kognitif maupun aspek psikomotorik. Hal itu dilihat dari hasil rata-rata nilai kognitif pembelajaran daring dengan video sebesar 67,08 dan pembelajaran daring dengan zoom  sebesar 55,19. Untuk aspek psikomotorik juga menunjukkan hal yang sama untuk nilai rata-rata pembelajaran daring dengan video lebih tinggi dari pada pembelajaran daring dengan zoom yaitu 83,42 dan 77,41.