Penerapan Pendekatan Tesu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran PPKn Materi Mengenal Perbedaan Suku pada Siswa Kelas 2 SDN Alang-alang Caruban 1
Abstract
Rendahnya hasil belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas 2 SDN Alang-alang Caruban 1 menjadi latar belakang dilaksanakan penelitian tindakan kelas. Strategi yang telah dilakukan belum dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Melalui inovasi belajar yang baru dilakukan penelitian dengan menggunakan Pendekatan Tesu untuk membantu meningkatkan hasil belajar PKn. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas 2 SDN Alang-alang Caruban 1 dengan jumlah siswa 19 anak dengan memperoleh perlakuan yang sama. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilakukan 1 kali pertemuan. Hasil yang diperoleh pada siklus 1 yaitu 74 % siswa mampu mengerjakan soal dan mendapat nilai diatas KKM, sisanya belum mencapai KKM. Namun demikian pada siklus 2 terjadi peningkatan hingga terdapat 89 % siswa tuntas dalam belajar. Kelemahan siswa pada kemampuan menghafalkan Perbedaan Suku. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa pendekatan Tesu dapat membantu guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas 2.