Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara melalui Model Pembelajaran Discovery Learning di SMPN 3 Trenggalek

Abstract

Dari hasil pengamatan peneliti sebagai guru PPKn di kelas VII dijumpai hasil belajar siswa sangat rendah. Banyak siswa yang tidak tuntas pada pembelajaran PPKn. Penyebab permasahan tersebut bahwa pembelajaran PPKn membosankan karena materinya sulit dipahami dan guru masih sering menggunakan metode dan model pembelajaran yang konvensional. Permasalahan tersebut juga terjadi di kelas VII C yang peneliti mengajar di dalamnya. Tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn materi perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara melalui model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas VII C semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 di SMPN 3 Trenggalek. Subyek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Trenggalek. Rancangan penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil pelaksanaan pembelajaran PPKn mulai dari pra siklus hingga pelaksanaan penelitian siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Trenggalek Semester 1 Tahun 2017/2018. Hal ini dapat diketahui dari adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa, yaitu pada siklus I 73.33% dan pada siklus II meningkat lagi hingga mencapai 100% (seluruh siswa tuntas).