Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar IPS Pokok Bahasan Penyimpangan Sosial dengan Pemberian Tugas Terstruktur Pada Siswa Kelas 8A SMP Negeri 2 Plosoklaten
Abstract
Setiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka melaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam persiapan itu sudah terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, cara memilih, menentukan dan menggunakan alat peraga, cara membuat tes dan menggunakannya, dan pengetahuan tentang alat-alat evaluasi. Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengungkap pengaruh pemberian tugas terstruktur terhadap hasil belajar Pengetahuan Sosial dan mengungkap pembelajaranan tugas terstruktur terhadap minat belajar kelas 8A SMP Negeri 2 Plosoklaten. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas 8A SMPĀ Negeri 2 Plosoklaten . Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (77 %), siklus II (85 %). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pemberian tugas terstruktrur dapat berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa SMP Negeri 2 Plosoklaten dan berpengaruh pada prestasi belajar, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Pengetahuan Sosial.