Penerapan Pendekatan Supervisi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SDN Brudu Jombang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan proses supervisi kolaboratif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di SDN Brudu Jombang dan peningkatan kompetensi profesional guru di SDN Brudu Jombang setelah diterapkan pendekatan supervisi kolaboratif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah. Subyek penelitian adalah guru SDN Brudu yang berjumlah 9 orang, obyek penelitian ini adalah kompetensi professional guru. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus (siklus 1 dan siklus 2), hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pendekatan supervisi kolaboratif rata-rata kompetensi professional guru mengalami peningkatan pada prasiklus sebesar 74,88 dengan kreteria cukup, pada siklus I sebesar 79,77 dengan kriteria cukup dan pada siklus 2 sebesar 87,55 dengan kreteria baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru di SDN Brudu Jombang dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan supervisi kolaboratif.