Analisis Permasalahan Standar Proses Kurikulum 2013 Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan standar proses kurikulum 2013 pada masa pandemi Covid-19 yang memunculkan permasalahan yang baru pada saat melakukan standar proses pada kurikulum 2013 pada masa pandemi Covid-19 di MI Muhammadiyah Klaseman Gatak Sukoharjo. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis standar proses kurikulum 2013 pada masa pandemi Covid-19 di MI Muhammadiyah Klaseman mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah MI Muhmmadiyah Klaseman, informan dari penelitian ini adalah guru dan siswa di madrasah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulun data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar berdasarkan standar proses dalam kurikulum 2013 pada masa pandemi terdapat permasalahan: (1) pada tahap perencanaan pembelajaran adalah ketidaksiapan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 di masa pandemi; (2) tahap pelaksanaan pembelajaran adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, sulitnya guru dalam memantau kondisi peserta didik pada pembelajaran daring, siswa belum terbiasa dengan belajar secara online (3) pada tahap penilaian pembelajaran permasalahnnya adalah guru kesulitan dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa.