MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK HALUS MELALUI MEDIA VIDEO TUTORIAL ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA DAYU 01 KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR

Abstract

Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Melalui Media Video Tutorial Anak Kelompok B Tk Dharma Wanita Dayu 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2020. Berdasarkan hasil dari pengamatan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Dayu 01 telah ditemukan masalah tentang kemampuan motorik halus anak yang masih rendah. Anak kurang berminat dalam melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan motorik halus. Oleh karena itu, penulis menerapkan suatu kegiatan yang menunjang perkembangnya aspek motorik halus yaitu media video tutorial diharapkan penerapan kegiatan melalui media video tutorial dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus yang diambil dari Kemmis dan Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi yang berupa pengamatan ketika proses pembelajaran dan dokumentasi berupa foto hasil kegiatan guna diamati dan dinilai, sedangkan dalam teknik penilaian anak menggunakan teknik unjuk kerja. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan kegiatan melalui media video tutorial mearna gradasi dapat mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Dayu 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil persentase ketuntatsan belajar dari pra tindakan sebesar 13,5%, siklus I sebesar 37.5%, siklus II sebesar 62.5%, siklus III sebesar 81,25%.