EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SAINS SD SECARA DARING MELALUI MEDIA WhatsApp GROUP SELAMA PANDEMI COVID-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran sains SD secara daring melalui media WhatsApp Group selama pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, untuk mengetahui gambaran efektivitas pembelajaran sains SD secara daring melalui media WhatsApp Group selama pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan terlebih dahulu mengadakan survey kepada mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara via panggilan video WhatsApp. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu mulai dari tahap reduksi data, display data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan  dimana hasil survey dan hasil wawancara diperoleh 0% mahasiswa menyatakan tidak efektifnya pembelajaran sains SD menggunakan Media WhatsApp Group, 20% menyatakan kurang efektif, dan 80% yang menyatakan efektifnya pembelajaran sains SD menggunakan Media WhatsApp Group. Pembelajaran dengan menggunakan media WhatsApp Group menjadikan mahasiswa menjadi lebih aktif untuk menggali informasi sehingga mereka mencoba sendiri untuk menjawab permasalahan dan dijadikan sebagai media untuk berdiskusi, berkomunikasi dengan penggunaan jarak jauh.