Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Pada Pembelajaran Tajwid Di TPA At-Taubah Unit 058 Banjarmasin
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang mengikuti pembelajaran tajwid di TPA At-Taubah Unit 058 Banjarmasin, yang mana dalam pembelajaran tajwid siswa memiliki keterampilan yang beragam atau berbeda-beda ketika diberikan pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan strategi guru dalam meningkatkan keterampilan siswa pada pembelajaran tajwid dan memaparkan keterampilan siswa pada pembelajaran tajwid di TPA At-Taubah Unit 058 Banjarmasin. Jenis penelitian ini yaitu lapangan (fieldresearch) adalah studi yang dilakukan dengan menyelusuri atau mendapatkan data dengan mendatangi lembaganya secara langsung. Bentuk penelitiannya yaitu deskriptif kualitatif. Analisis dari seluruh hasil studi yang dilakukan oleh peneliti berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan keterampilan siswa pada pembelajaran tajwid yaitu strategi make a match dan mind mapping demonstrasi, tanya jawab, talaqqi, dan sima’i. Strategi ini sudah dirancang dengan baik oleh para guru pengajar. Pembelajaran tajwid disini meliputi, tahapan persiapan dan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Keterampilan siswa pada pembelajaran tajwid bisa dilihat dari 2 Aspek: 1) Ketika Pembelajaran Berlangsung, 2) Ketika Evaluasi Pembelajaran.