PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MENGGUNAKAN METODE SAS DI RA HIDAAYATUSSHIBYAAN CIKARANG BARAT

Abstract

Tujuan umum penelitian ini secara umum untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode SAS pada anak usia 5-6 tahun. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun dilihat dalam peningkatan dalam setiap siklus dimulai dari pra siklus sejumlah 36% lalu mulai masuk tindakan dalam siklus I menghasilkan nilai presentase sejumlah 45% lalu meningkat kembali dalam tindakan siklus II hingga mencapai presentase sejumlah 78% peningkatan tersebut meningkat sesuai dengan hipotesis yang sudah direncanakan sebelumnya untuk melebihi standar peningkatan sejumlah 71%.