STUDI ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA ASPEK PENGEMBANGAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI MI SIRAAJUL UMMAH BEKASI

Abstract

Kreativitas guru sangat diperlukan dalam pembelajaran, khususnya dalam materi pembelajaran tentang seni dan budaya. Masalah dalam penelitian tentang menganalisis kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran pada aspek pengembangan seni budaya dan prakarya di MI Siraajul Ummah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Kreativitas guru dalam materi SBDP sub materi music dan kolase. Manfaat dari manfaat teoritis dan praktisi terutama bagi praktisi pendidikan seni di sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Siraajul Ummah. Adapun sasaran penelitian pada kreativitas guru pembelajaran seni budaya sub materi music dan kolase di MI Siraajul Ummah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan menggunakan analisis data model interaktif. Hasil dari penelitian ini adalah kreativitas guru menggunakan media pembelajaran pada aspek pengembangan seni budaya sub materi musik dan kolase di MI Siraajul Ummah dilakukan dengan kendala, analisis pribadi, proses, press, dan produk dan factor yang mempengaruhi kreativitas guru , cara guru meningkatkan kreativitas, pemanfaatan lingkungan budaya dan alam gerak dan lagu. Saran dari penelitian ini adalah tenaga pendidik khususnya untuk pembelajaran seni budaya dan prakarya sub materi musik dan kolase harus memperhatikan kreativitas  guru dalam proses pembelajaran dan faktor yang mempengaruhi pembelajaran.