Implementasi Pendidikan Multikultural Jurusan IPS SMA A.Wahid Hasyim melalui Wisata Edukasi ke Candi Penataran Kab. Blitar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pendidikan multicultural melalui observasi saat kegiatan wisata edukasi ke tempat bersejarah. Pelaksanaan pendidikan multicultural melalui wisata edukasi tidak harus mengubah kurikulum. Hanya saja diperlukan pedoman dan penyesuaian bagi guru untuk menerapkannya. Implementasi nilai multikultural melalui wisata edukasi pada hakikatnya strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan konsep wisata dan kecenderungan manusia secara umum, seperti: eksploring, bermain, dan tergalinya perasaan senang. Wisata edukasi merupakan suatu program yang menggabungkan unsur kegiatan wisata dengan muatan pendidikan di dalamnya. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Tujuannya untuk menjelaskan dan mengungkap makna dari suatu fenomena yang diamati. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dan objek penelitian ialah coordinator kegiatan wisata edukasi, guru mata pelajaran sejarah, guru pendamping wisata edukasi serta siswa SMA A. Wahid Hasyim jurusan IPS sebanyak 6 kelas. Hasil penelitian adalah konsep implementasi pendidikan multicultural tidak hanya perlu diajarkan pada saat jam sekolah berlangsung akan tetapi bisa ditambah dengan kegiatan wisata edukasi. Dengan kegiatan wisata edukasi, siswa bisa langusng bertanya, mengamati dan akan lebih mudah menghayati dan menghormati peninggalan sejarah dari Candi Penataran. Oleh sebab itu dengan sendirinya akan tertancap karakter multikulturalisme pada dirinya.