Manajemen Kesesuaian Indikator Pencapaian Kompetensi dengan Kompetensi Dasar pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab Permendikbud 37

Abstract

AbstrakHadirnya Permendikbud 2018 membawa banyak perubahan khususnya pada penerapannya di 2021/2022. Menyikapi hal ini sekolah dan khususnya para pendidik perlu menyikapi dengan menyesuaikan dalam penyusunan perangkat pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menganalisis Indek Pencapaian Kompetensi (IPK) menggunakan lembar analisis berbentuk checklist dengan kriteria sesuai (S) dan tidak sesuai (TS). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh persentase kesesuaian IPK dengan Kompetensi Dasar (KD) secara keseluruhan yaitu 87%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa IPK yang disusun oleh guru sudah sesuai KD.Kata kunci: Indikator Pencapaian Kompetensi, Kompetensi Dasar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran