PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AREA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

Abstract

Pembelajaran pada anak usia dini memerlukan berbagai macam kegiatan yang dapat memberikan pengarahan pembelajaran yang lebih baik. Kegiatan yang dilakukan selama ini menggunakan pembelajaran klasikal. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Al-Kausar Padang Tiji Pidie dengan menerapkan model pembelajaran area dan (2) untuk mengetahui peningkatan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Al-Kausar Padang Tiji Pidie dengan menggunakan model pembelajaran area. Metode penelitian yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan perkembangan kognitif anak tentang kemampuan berpikir simbolik. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I aktivitas guru 69% dengan kriteria cukup dan perkembangan kognitif anak 65% dengan kriteria pencapaian Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Sedangkan pada siklus II pada aktivitas guru diperoleh 95% dengan kriteria sangat baik dan perkembangan kognitif anak 91,25% dengan kriteria pencapaian Berkembang Sangat Baik (BSB). Perbandingan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan perkembangan kognitif tentang kemampuan berpikir simbolik anak.