PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI PAUD TEUNGKU CHIK LAMKUTA ACEH BESAR
Abstract
Kecerdasan interpersonal merupakan salah satu kecerdasan yang ada dalam diri anak yang harus ditingkatkan sehingga anak dapat bekembang dengan optimal. Permasalahan yang terjadi di PAUD Teungku Chik Lamkuta ditemukan hal-hal yang berkaitan dengan kecerdasan interpersonal anak belum optimal, seperti anak berkerjasama, menjalin komunikasi dan mengorganisasi teman serta metode yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga kecerdasan interpersonal anak belum meningkat. Tujuan penelitian untuk mengetahui aktivitas guru dan peningkatan kecerdasan interpersonal anak dengan menerapkan metode proyek pada anak kelompok B di PAUD Teungku Chik Lamkuta. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 14 orang anak. Metode penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan teknik pengumpulan data berupa lembar observasi dan dokumentasi. Hasil observasi aktivitas guru siklus I mendapatkan nilai rata-rata 2,77 dengan kategori Baik dan siklus II mendapatkan nilai rata-rata maksimal 4 dengan kategori BSB. Hasil observasi siklus I peningkatan kecerdasan anak mencapai 64%, dan siklus II mendapatkan hasil peningkatan kecerdasan interpersonal anak mencapai 91% dengan kategori BSB. Peningkatan kecerdasan interpersonal anak tidak terlepas dari aktivitas guru dalam pembelajaran yang menyediakan berbagai kegiatan proyek yang bervariasi, guru mengajak dan memotivasi anak untuk berkerjasama, menjalin kontak dan mengorganisasi teman. Dengan demikian hasil observasi menunjukkan dengan penerapan metode proyek dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak.