SUPERVISI PENDIDIKAN PADA LEMBAGA PAUD

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui  supervisi pendidikan pada lembaga PAUD. Supervisi dalam pendidikan adalah pekerjaan untuk menciptakan dan menjamin kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Diharapkan penelitian  ini dipercaya dapat menjadi pemikiran yang bermanfaat di kemudian hari, terutama yang terkait dengan supervisi dalam lembaga PAUD guna meningkatkan profesionalisme guru. Kepala sekolah,  guru, dan staf administrasi sekolah menjadi responden dalam gerakan penelitiaan ini . pengumpulan data  yang dilakukan  melalui pengamatan, pertemuan dan studi arsip. Program supervisi memiliki efek positif dalam mencapai tujuan yang diatur dan selanjutnya menemukan reaksi positif dari guru dan beberapa rencana selanjutnya. Selain itu, penelitian ini memberikan usulan untuk perbaikan program supervisi dalam negeri, terkait dengan manajemen, dan kemungkinan supervisi di lembaga PAUD untuk pemeriksaan kedepannya. Hasil akhir dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan supervisi yang dilakukan di KB Mutiara Hati telah dilakukan secara terorganisir dan diatur secara menyeluruh dengan pengaturan, pelaksanaan, penilaian, dan tindak lanjut. Sikap menyenangkan, terbuka dan demokratis adalah prinsip dalam supervisi ini. Selain itu juga terdapat kepercayaan yang terbuka terhadap kualitas dan pelaksanaan tenaga pengajar di KB Mutiara Hati. Hal inilah yang mendorong Kepala sekolah untuk secara konsisten menilai program-program pembinaan keilmuan dalam menjaga kepercayaan dan meningkatkan kualitas kinerja guru dalam meningkatkan pembelajaran.