ANALISIS PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI LEMBAGA PAUD DAERAH TERTINGGAL, TERDEPAN, TERLUAR ACEH BESAR (3T) PADA MASA NEW NORMAL

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada pendidikan anak usia dini adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik dan guru di lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri dapat mencegah penyakit, meningkatkan kesehatan, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di Lembaga PAUD daerag tertinggal, terdepan, terluar (3T) Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan responden guru dan anak usia dini. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada masa new normal belum sepenuhnya dijalankan di lembaga PAUD meskupun pada pada covid-19 ataupun new normal, terdapat beberapa kendala baik dari sarana prasarana yang kurang memadai dan kurangnya kerjasama antara orang tua dengan pihak sekolah. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam penerapan PHBS melalui pembiasaan dan praktik seperti mencuci tangan dengan air bersih dan menggunakan sabun sebelum dan sesudah kegiatan makan, membuang sampah pada tempatnya, menutup mulut pada saat batuk dan bersin, konsumsi makanan sehat dan bergizi serta penerapan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).