EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI GOOGLE CLASSROOM DAN GOOGLE METT PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBALAJARAN RA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas media pembelajaran daring melalui Google Classroom, Google Meet terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Strategi Pembelajaran RA Program Studi Bimbingan Konseling Islam UIN Sultan Syarif Kasim RIAU. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VA pada mata kuliah. Strategi Pembelajaran RA Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini 25 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa keefektifan penggunaan aplikasi Google Classroom dan Google Mett di masa pandemi ini dinilai masih kurang efektif, karena banyak faktor, yaitu infrasturktur dan pengguna internet yang meningkat drastis di tengah pandemi, sehingga diharapkan adanya kerjasama antara pemerintah pusat dengan Dinas Pendidikan di daerah minim internet untuk dapat mengatasi masalah tersebut, supaya kegiatan belajar dapat berjalan dengan baik..