IMPLEMENTASI INOVASI KURIKULUM PAUD 2013 BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI ERA REVOLUSI 4.0

Abstract

Penerapan inovasi kurikulum paud implementasi menjadi sarana mewujudkan rangakaian pembelajaran yang memiliki muatan dan kualitas yang tepat dan terbaik bagi pelaksanaan Pendidikan AUD, Dalam menjalani revolusi 4.0, pendidkan anak usia dini agar dapat dikenalkan pembelajaran berupa ilmu pengetauan dan teknologi (IPTEK). Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi inovasi kurikulum PIAUD 2013 berbasis multiple intelligences pada masa revolusi 4.0. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi Pustaka dengan membandingkan penelitian-penelitian terdahulu mengenai teori-teori yang berkaitan dengan pembahasan yang sesuai dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini dengan menelaah penelitian-penelitian terdahulu adalah kurikulum PAUD 2013 tidak semua dapat dijalankan sesuai rencana, namun pendekatan multiple intelligences memberi dampak positif bagi inovasi kurikulum di era revolusi 4.0 yang kita rasakan sekarang ini.