URGENSI BIMBINGAN BELAJAR ANAK USIA DINI

Abstract

Anak diharapkan dapat mencapai perkembangan yang optimal, baik mengembangkan bakat, minat, kreatifitasnya, kognitif, fisik sehingga anak menjadi individu yang diharapkan sukses pada masa yang akan datang. Perkembangan optimal kemungkinan besar dapat dicapai dengan bimbingan dan konseling ini, dengan cara: pertama, bimbingan konseling menggunakan teknik-teknik bantuan individual dan kelompok kecil. Teknik ini pembimbing menghadapi anak secara individual yang bermasalah atau memerlukan berupa bimbingan. Suasana masalah seperti ini, mungkin dari pihak pembimbing yang memulai dan dapat terjadi dari pihak anak yang menghadapi suatu masalah yang mengutarakan masalahnya kepada pembimbing untuk mendapatkan bantuan seperlunya. Program bimbingan berdaya guna dan berhasil guna dalam pelaksanaan pengajaran di kelas. Beberapa alasan: Bimbingan memberikan pelayanan dengan perbedaan individu para anak, Bimbingan turut berpengaruh terhadap perkembangan jasmani dan rohani anak, Bimbingan membantu para siswa untuk meningkatkan perkembangannya dengan baik.