EFEKTIVITAS JAM BELAJAR MENGAJAR MATEMATIKA DAN BAHASA BAGI MURID PAUD

Abstract

Suatu kegiatan atau aktivitas belajar mengajar akan tepat guna jika memperhatikan meminimalisir waktu yang terbuang dan penyampaian materi yang pas. Ini sangat berguna terhadap pembelajaran karena jika efektivitas dalam pembelajaran berhasil akan menghemat waktu, tercapai tujuan pembelajaran dan alokasi waktu belajar tercapai khususnya untuk matematika dan bahasa bagi murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) maka akan berdampak baik untuk perkembangan selanjutnya. Efektivitas jam belajar mengajar mengaju pada kurikulum yang berlaku di sekolah, maka penentuan jam belajar matematika dan bahasa untuk murid PAUD di sekolah, dan tentang durasi lama waktu belajar di sekolah PAUD sudah ditetapkan juga dalam peraturan kurikulum PAUD yang dikeluarkan pemerintah. Namun perlu adanya efektivitas untuk memperoleh hasil belajar mengajar yang terarah. Kegiatan pembelajaran yang disusun secara baik akan menjadi jaminan separuh kegiatan yang berhasil dilaksanakan, bagi seorang pendidik menyusun kegiatan pembelajaran bagi anak usia dini merupakan sebuah tantangan khususnya dalam penentuan jam belajar mengajar yang benarbenar sesuai dengan kebutuhan anak.