EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PERKUSI SEDERHANA TERHADAP KECERDASAN MUSIKAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ASSYOFA PADANG

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Taman Kanak-Kanak Assyofa Padang, bahwa tampak kecerdasan musikal anak belum berkembang dengan baik dikarenakan kegiatan yang berhubungan dengan musik sangat kurang dilakukan. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan disekolah hanya sekedar bertepuk tangan. Anak tidak diberi kesempatan untuk bermain alat musik secara sendiri. Dan juga tampak anak yang bernyanyi dan bertepuk tangan tidak sesuai dengan tempo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan perkusi sederhana terhadap kecerdasan musikal anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasy eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes perbuatan terhadap peserta didik di Taman Kanak-kanak Assyofa Padang, kemudian data diolah dengan uji t (ttest). Hasil penelitian terlihat bahwa anak pada kelas eksperimen yang menggunakan alat musik perkusi memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan hanya bertepuk tangan. Sehingga disimpulkan terdapat efektivitas penggunaan perkusi sederhana terhadap kecerdasan musikal anak di Taman Kanak-Kanak Assyofa Padang.