DAMPAK BULLYING TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI (STUDI KASUS) DI RAUDHATUL ATHFAL MAWAR GAYO

Abstract

Perkembangan Sosial Emosional anak usia dini sangat dipengaruhi oleh faktor perlakuan lingkungannya. Selain perlakuan yang baik , terdapat pula perlakuan buruk berupa tindak kekerasan seperti perilaku bullying. Perilaku bullying adalah perilaku yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan tujuan ingin menyakiti orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak perilaku bullying terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yakni dengan mengamati objek penelitian secara keseluruhan untuk diambil data terkait penelitian, selain itu peneliti juga mengambil sumber data dari beberapa riset terkait untuk membantu menjawab penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindak kekerasan atau bullying yang terjadi pada anak usia dini berpengaruh besar terhadap perkembangan anak, efek negatif yang ditimbulkan oleh bullying ini dapat menyebabkan terhambatnya perkembangan anak, bukan hanya perkembangan sosialnya akan tetapi juga perkembangan emosional yang ditunjukkan oleh anak. Dampak yang ditimbulkan oleh perilaku bullying ditemukan anak lebih sering menyendiri dan tidak suka bergaul, merasa takut/ketakutan, takut pergi sekolah, menangis sebelum dan sesudah ke sekolah tidak tertarik dengan aktivitas sekolah, perubahan drastis pada perilaku (sikap, berpakaian dan kebiasaannya).