PENGENALAN WARNA MELALUI MEDIA STICK WARNA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengenalan warna melalui media stick warna terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Subjek penelitian anak usia 4-5 tahun, objek penelitiannya berupa media stick warna terhadap kemampuan kognitif. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data diambil dari hubungan antara analisis data dengan pengumpulan data menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan warna melalui media stick warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Kemampuan kognitif melalui media stick angka ini terdiri dari lingkup perkembangan berpikir logis dan berpikir simbolik. Hasil analisis kemampuan kognitif lingkup perkembangan berpikir logis melalui media stick angka dapat dilihat dari cara anak mengklasifikasikan benda atau stick warna sesuai dengan kelompok warna yang sama. Kemudian anak mampu mengenal pola warna meskipun stick memiliki warna yang berbeda-beda, sehingga perbedaan tersebut mampu diurutkan dengan warna yang sesuai. Hasil analisis kognitif berpikir simbolik dilihat dari kemampuan anak dalam menghitung atau membilang stick warna kemudian menyesuaikan dengan angka yang ada pada papan stick. Anak juga mampu mengenal konsep bilangan setelah mengitung jumlah stick, kemudian mengenal lambang bilangan sesuai angka yang disediakan di papan stick.