STIMULASI GURU PADA MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI 3 KOTA PADANG

Abstract

Penelitian ini ditelatarbelakangi oleh kurangnya data bagaimana cara guru untuk memberikan stimulasi motorik halus kepada anak. jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat bagaimana cara guru dalam menstimulasi kegiatan motorik halus anak pada sentra rancang bangun di TK Pertiwi 3 Kota Padang. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data memakai: 1) Pengumpulan Data, 2) Reduksi Data, 3) Penyajian Data, 4) Verifikasi Data. Sedangkan teknik pengabsahan data memakai triangulasi, yaitu triangulasi sumber. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa stimulasi yang dilakukan oleh guru pada motorik halus anak sudah berjalan dengan baik. Kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan stimulasi motorik halus anak yaitu bermain balok, bermain plastisin, menggosok gigi, menggambar, dan mewarnai. Praktek langsung, pemberian tugas, tanya jawab dan demonstrasi adalah metode yang dipakai dalam kegiatan di TK tersebut. Media yang dipakai tergantung dengan tema yang dipkaia pada minggu itu, misalnya balok, plastisin, buku, pensil dan lainnya. Evaluasi yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan penilaian harian dengan melihat hasil karya anak dan juga catatan anekdot.