DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PIAUD DI STIT INTENASIONAL MUHAMMADIYAH BATAM
Abstract
Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Piaud terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di kampus 10 mahasiswi yang mengikuti pembelajaran online di Prodi PAUD dengan kriteria baik dengan rata-rata 78,15% namun peneliti melihat lebih efisien pada pembelajaran langsung yaitu offline dengan kriteria sangat baik yaitu 98,5%. pembelajaran langsung maupun pembelajaran jarak jauh. Salah satu aspek kemandirian adalah siswa mampu menjawab atau mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik. Serta kesiapan mahasiswa yang lebih semangat dan siap menjawab atau mengerjakan setiap tugas yang diberikan, apalagi pada saat situasi saat ini pembelajaran online di masa Pandemi Covid-19 dengan berbagai keterbatasan, hal ini membuat beberapa dosen sering memberikan tugas, terkadang tugas yang mereka dapatkan lebih dari apa yang mereka lakukan. Pembelajaran tatap muka normal berkaitan dengan keinginan siswa untuk mendapatkan nilai terbaik dari setiap tugas yang diberikan setelah proses pembelajaran.