PEMIKIRAN BEHAVIORISME DALAM PENDIDIKAN (Study Pendidikan Anak Usia Dini)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memahami bagaimana teori perkembangan behaviorisme bisa di aplikasikan pada pembelajaran anak usia dini untuk kegunaan nya dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran pada teori ini yaitu melalui filsafat PAUD akan memberikan landasan filosofis bagaimana cara memberi stimulus dan respon yang sesuai dengan kondisi kemampuan dalam diri anak. Jika Pendidikan harus mampu di capai oleh anak, maka segala yang menjadi kebutuhan anak harus di penuhi sesuai arahan yang jelas, tujuan yang relevan pada tahapan usia dan perkembangan anak. Salah satu sebab terjadi nya perubahan tingkah laku maka harus di analisis terlebih dahulu. Dalam perkembangan belajar melalui teori behviorisme, memiliki proses yang paling dasar yaitu sikap, etika, perilaku, serta kebiasaan hidup. Perilaku manusia sangat mempengaruhi pada lingkungan, peranan aksi-reaksi, stimulus-respon, serta hasil dan potensi belajar pada anak. Melalui tahapan tumbuh kembang fisik, kognitif, dan sosial emosional nya, di harapkam anak memiliki perkembangan dan rangsangan yang kuat dalam diri nya. semua di lakukan agar anak memiliki pribadi lebih baik serta memiliki kemampuan generative di kehidupan era-global di masa yang akan datang.