PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR HURUF UNTUK MENGENALKAN HURUF ABJAD PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Abstract

Permasalahan yang terdapat di PAUD Ibnu Sina adalah terbatasnya media pembelajaran dalam menunjang proses belajar mengajar sehingga hal tersebut menyebabkan perkembangan bahasa keaksaraan anak kurang optimal seperti anak-anak mengalami kesulitan dalam membedakan bunyi dan bentuk antara huruf B,D,F,P,M,N,V,W,S dan Z. Penelitian  ini bertujuan  untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah media papan pintar  huruf yang layak untuk membantu anak dalam mengenal huruf abjad. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu, Analysis, Design, Development, Implementasi, dan Evaluation. Berdasarkan hasil uji kelayakan pengembangan media papan pintar huruf oleh ahli materi dengan skor persentase 96,87% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, penilaian ahli media dengan skor 77,27% termasuk dalam kategori “Layak”. Berdasarkan hasil uji kepraktisan yang dilakukan di PAUD Ibnu Sina dapat disimpulkan bahwa media papan pintar huruf untuk mengenalkan huruf abjad pada anak usia 4-5 tahun “Layak” digunakan dan diterapkan dalam pembelajaran sesuai  dengan hasil penilaian lembar observasi pada anak dengan  skor 85,71%.