EFEKTIVITAS METODE IQRO’ MODIFIKASI DENGAN TEKNIK PEMBIASAAN DALAM MENGINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYYAH ANAK USIA DINI DI KB PAUD MELATI BANDA ACEH.

Abstract

Judul Penelitian ini adalah ” Efektivitas Metode Iqro‟ Modifikasi dengan Teknik Pembiasaan dalam Mengingkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyyah Anak Usia Dini Di KB PAUD Melati Banda Aceh. Metode Iqro‟ modifikasi merupakan salah satu cara cepat dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyyah dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode Iqro‟ modifikasi di Kelompok Bermain PAUD Melati Banda Aceh dalam mengenal huruf hijaiyyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-experimental one group pretes-posttes design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak Kelompok Bermain PAUD Melati Banda Aceh. Adapun instrumen penelitian ini adalah lembar tes pre-test dan posttest. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah pengolahan data tes awal dan tes akhir (pre-test posttest), uji normalitas, uji homogenitas, pengujian hipotesis dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh efektif metode Iqro‟ modifikasi dengan teknik pembiasaan terhadap hasil belajar mengenal huruf hijaiyyah KB PAUD Melati Banda Aceh. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata post test 80,625. Dapat dilihat dari hasil analisis data yaitu menggunakan uji t, serta dilakukan dengan pengujian hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 5, di peroleh t hitung = 19,39 dan t tabel = 1,71, sehingga t hitung > t tabel yaitu 19,39 > 1,71, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf hijaiyyah dengan metode iqro‟ modifikasi lebih efektif di bandingkan sebelum menggunakan metode iqro‟ modifikasi.