PROGRAM KEGIATAN BERMAIN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI TK IT FAJAR HIDAYAH INTEGRATED BOARDING SCHOOL ACEH

Abstract

Kurikulum TK/RA dikenal juga dengan istilah program kegiatan bermain. Dalam pengembangan program kegiatan bermain bagi anak usia dini seharusnya sarat dengan aktivitas bermain yang mengutamakan adanya kebebasan bagi anak untuk bereksplorasi dan berkreativitas. Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu bidang pengembangan dalam kurikulum TK/RA juga perlu diajarkan sesuai dengan psikologis dan dunia anak agar nilai-nilai dasar agama tersebut dapat membentuk sikap dan kepribadian anak secara permanen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program kegiatan bermain kurikulum PAI di TKIT Fajar Hidayah Integrated Boarding School Aceh. Program kegiatan bermain kurikulum PAI yang diinvestigasi pada penelitian ini adalah cakupan kurikulum, teknis pelaksanaan dan acuan pengembangan kurikulum PAI di TK/RA. Ketiga hal tersebut diinvestigasi melalui studi lapangan (field research). Hasil yang diperoleh berasal dari hasil pengamatan lembar observasi, jawaban lembar wawancara dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kurikulum PAI TK mencakup 3 komponen utama, yaitu: aqidah, akhlak dan ibadah dan Al-Quran; (2) teknis pelaksanaan kurikulum PAI disajikan melalui pendekatan yang menyenangkan dan disesuaikan dengan perkembangan diri anak secara individual seperti: bernyanyi, bermain, mengucapkan syair, pengenalan menulis dengan menggunakan media yang menarik atau menggunakan gambar sesuai dengan minat anak; dan (3) Pengembangan kurikulum PAI selaras dengan ketentuan Dinas Pendidikan Aceh dengan keunggulan pendidikan berbasis integrasi dalam setiap proses pembelajarannya.