PENERAPAN METODE PROYEK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BENTUK GEOMETRI

Abstract

Pemahaman konsep bentuk geometri pada anak usia dini merupakan kemampuan anak dalam mengenal, menjelaskan, menyebutkan serta menggolongkan benda-benda disekitar berdasarkan bentuk geometri. Pemahaman konsep bentuk geometri anak dalam hal mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi, bentuk, warna, atau ukuran tergolong rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan metode tanya-jawab dengan pertanyaan sederhana. Metode proyek dapat menjadi salah satu solusinya karena dapat memberikan pengalaman belajar dengan menghadapkan anak pada persoalan sehari-hari yang harus dipecahkan secara berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep bentuk geometri pada anak usia 4-5. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Metode yang digunakan berupa quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelas A1 dan A3 dengan sampel penelitian anak usia 4-5 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode proyek dapat meningkatkan pemahaman anak pada konsep bentuk geometri. Hal ini berdasarkan nilai thitung = 2,08 dan ttabel = 1,70. Dengan demikian thitung > ttabel yaitu 2,08 > 1,70, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.