PENGARUH MEMBATIK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH KURAITAJI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh membatik terhadap kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Kuraitaji. Kegiatan pengembangan motorik halus ditemukan dilapangan cenderung kepada kegiatan menggambar dan mewarnai. Oleh karena itu, melalui membatik ini peneliti ingin melihat bagaimana perkembangan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kuraitaji. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan bentuk Quasi Eksperiment. Populasi merupakan seluruh murid Paud Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kuraitaji berjumlah 32 orang yaitu kelompok B1, B2, B3. Kelompok B1 di jadikan sampel eksperimen dan B2 sampel kontrol masing-masing berjumlah 10 orang, teknik pengambilan sampel digunakan Cluster Sampling. Dan adapun teknik pengambilan data digunakan tes yang dibuat guru seperti pernyataan sebanyak 3 buah pernyataan serta pengumpulan data berupa lembar pernyataan dalam bentuk kisi-kisi instrumen. Hasil uji perbedaan di dapat rata-rata eksperimen sebanyak 79,99 sedangkan kontrol 70,83. Ditarik simpulan ada pengaruh signifikan dari kegiatan membatik terhadap kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kuraitaji.